LUPA DALAM ISLAM

 

SIFAT LUPA

 

Manusia disebut insan berasal dari kata nisyan akar kata nasiya “lupa”. Manusia punya perjanjian dengan Allah tapi terkadang dia lupa.

Sesungguhnya manusia disebut insan karena dia berjanji dan melupakannya (HR. Thabrani)

 

Kita berjanji menjadikan Allah sebagai rabb tapi bukan berarti tuhan saja melainkan tuhan yang dipatuhi perintahnya, tuhan yang disembah dengan segala keagungannya, tuhan yang diakui segala kemuliaannya, tuhan yang dipanggil ketika kita memiliki kebutuhan-kebutuhan dan lainnya. Tapi kita kadang lupa. Katanya mau patuh kepada Allah tapi ketika dipanggil shalat belum datang juga. Katanya patuh kepada Allah diperintah jangan sombong, sombong juga, jangan dusta tapi masih dusta juga.

 

وَاِذَا مَسَّ الْاِنْسَانَ ضُرٌّ دَعَا رَبَّهٗ مُنِيْبًا اِلَيْهِ ثُمَّ اِذَا خَوَّلَهٗ نِعْمَةً مِّنْهُ نَسِيَ مَا كَانَ يَدْعُوْٓا اِلَيْهِ مِنْ قَبْلُ وَجَعَلَ لِلّٰهِ اَنْدَادًا لِّيُضِلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ ۗ قُلْ تَمَتَّعْ بِكُفْرِكَ قَلِيْلًا ۖاِنَّكَ مِنْ اَصْحٰبِ النَّارِ

Dan apabila manusia itu ditimpa kemudaratan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan nikmat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudaratan yang pernah dia berdoa (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah:_"Bersenang-senanglah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka". (QS. Az-Zumar: 8)

 

Lupa bisa disebabkan karena setan dan maksiat. Lupa karena setan contohnya ketika bertakbir setan membisikkan “udzkur kadza udzkur kadza” ingat ini ingat ini. Sampai-sampai lupa berapa rakaat shalatnya. Lupa juga bisa disebabkan karena maksiat. Orang yang senang berbuat maksiat akan jauh dari Allah dan nilai-nilai kebaikan.

 

Cara mengatasi lupa

1.       Senantiasa menggairahkan diri dalam setiap aktivitas dengan niat sebagai ibadah

2.       Menghidupkan hati dengan selalu zikir untuk mengingat Allah

3.       Menghidupkan akal dengan selalu mempelajari ilmu, terutama ilmu agama.

 

Doa bagi orang yang lupa



 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ 

Artinya: “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.” 

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَـامُ وَلاَ يَسْهُوْ

Artinya : “Maha suci Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa.”

 

Hikmah lupa

1.       Meringankan beban kehidupan kita

2.       Lupa merupakan kekuatan dasar untuk memaafkan

3.       Menjadikan manusia tidak sombong

4.       Menjadikan kenikmatan tersendiri bagi orang yang lupa makan atau minum saat berpuasa.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Menghitung Zakat Fitrah

Contoh Teks MC Pelantikan Pengurus

Materi PAI Kelas 6 Bab 4 Ayo Membayar Zakat ppt