Ilmuwan Muslim yang Pertama di Indonesia


Ulama dan Ilmuwan memiliki peranan penting dalam perkembangan Islam di Indonesia maupun dunia. Tidak hanya ilmuwan barat saja yang terkenal dengan penemuan-penemuannya banyak juga para ilmuwan muslim yang memiliki karya atau penemuan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya umat Islam. 

Berikut ilmuwan muslim yang pertama di Indonesia :

a.     Hamzah Fansuri

Seorang sufi terkemuka yang berasal dari fansur (barus) Sumatra utara. Fansuri juga telah lama tinggal di Kota Aceh. Ia dikenal sebagai penganut aliran wahdatul wujud. Karyanya yang terkenal berjudul asrarul arifin fi bayan ila suluk wa at-tauhid, suatu uraian singkat tentang sifat dan inti ilmu kalam menurut teolog islam.

b.     Syamsudin as-sumatrani

Beliau daah murid dari hamzah fansuri. Ia mengarang buku judul miratul mu’minin (cerminan orang-orang beriman) pada tahun 1601 M. berisi ilmu Tanya jawab tentang ilmu kalam. Karya-karya Syamsudin as-sumatrani cenderung tergolong pada karya sufistik karena beliau aktif dalam dunia tulis-menulis yang berkaitan dengan tasawuf. 

c.     Nuruddin ar-raniri

Ia bersal dari india keturunan arab quraisy Hadramaut. Ia dikenal sebagai orang yang giat membela ajaran ahlu sunnah wa jama’ah. Karyanya diantaranya adalah al-lanah fi tafqir man qala bi kholq al-qur’an yang merupakan bantuan terhadap pendapat hamzah fansuri bahwa al-qur’an itu makhluk.

d.     Abdur rauf singker

Ia mendalami ilmu pengetahuan di mekkah dan madinah. Ia menghidupkan kembali ajaran tasawuf yang sebelumnya di kembangkan oleh hamzah fansuri melalui tarekat satariyah yang diajarkannya walaupun dengan ungkapan dan metaphor yang berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Menghitung Zakat Fitrah

Contoh Teks MC Pelantikan Pengurus

Materi PAI Kelas 6 Bab 4 Ayo Membayar Zakat ppt