Contoh Laporan Akhir PPL

 

LAPORAN AKHIR

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 1


Logo



LAPORAN

Diajukan Kepada Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

IAIN Purwokerto sebagai syarat kelulusan PPL 1

Dosen Pembimbing : ...........................

 

Disusun Oleh:

Nama               : ................................

NIM                : .................................

Kelompok       : .................................

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI

PURWOKERTO

2018



HALAMAN PERSETUJUAN

 

Setelah dilakukan bimbingan, koreksi, dan perbaikan seperlunya, maka laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahap I yang disusun oleh:

Nama               : ...........................................

NIM                 : ...........................................

Fakultas           : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Jurusan            : PAI

Kelompok       : ............................................

Dinyatakan dapat diterima sebagai laporan akhir PPL I Mahasiswa IAIN Purwokerto Tahun 2018.

 

Disahkan di     : Purwokerto

Pada tanggal   : 07 Desember 2018

 

 

 

Mengetahui,

Dosen Pembimbing Lapangan

 



...............................................

NIP. .......................................

 


 

KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrihiim

Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 Institut Agama Islam Negeri Purwokerto tahun 2018 di ruang Microteaching IAIN Purwokerto dapat berjalan dengan lancar.

Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada Junjungan kita Nabi Agung Muhammad Salallahu ‘alaihi wa sallam yang telah membawa kita dari zaman yang gelap menuju zaman yang terang benderang sekarang ini yaitu agama islam.

Penyusunan laporan kegiatan PPL 1 ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban tertulis atas terlaksananya kegiatan PPL 1. Dalam pelaksanaan PPL, sampai dengan penyusunan laporan ini tidak akan terlaksana tanpa adanya kerjasama dari mahasiswa PPL kelompok 5, Dosen Pembimbing Lapangan dan berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan PPL ini, karena itulah penyusun ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada:

1.     Dr. Lutfi Hamidi, M.Ag, selaku Rektor IAIN Purwokerto.

2.     Kholid Mawardi, M.Hum. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

3.     M. Slamet Yahya, M.Ag. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam.

4.     H. Siswadi, M.Ag. selaku Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

5.     Ade Ruswatie, S.Pd.I., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 5.

6.     Rekan-rekan PPL 1 kelompok 5 tahun 2018.

7.     Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu, yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan PPL 1.

Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, penyusun berharap kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun dan dapat menjadi referensi untuk penyusunan laporan kegiatan yang sejenis.

 

Purwokerto, 07 Desember 2018

Penyusun,

 

 

 

..................................

NIM. ........................

 


 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................ i

HALAMAN PERSETUJUAN........................................................... ii

KATA PENGANTAR....................................................................... iii

DAFTAR ISI....................................................................................... v

BAB I  PENDAHULUAN.................................................................. 1

A.    Latar Belakang................................................................... 1

B.    Pengertian........................................................................... 4

C.    Tujuan................................................................................. 4

D.    Status.................................................................................. 4

E.    Dasar Pelaksanaan.............................................................. 4

F.     Bentuk Kegiatan................................................................. 5

BAB II PELAKSANAAN LATIHAN............................................... 6

A.    Latihan I.............................................................................. 6

B.    Latihan II............................................................................ 6

C.    Latihan III........................................................................... 7

BAB III PENUTUP............................................................................ 8

A.    Kesimpulan......................................................................... 8

LAMPIRAN-LAMPIRAN



BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi yang berupaya memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan memepersiapkan lulusanya; antara lain sebagai tenaga profesional di bidang pendidikan yang akan melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar khususnya bagi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Agar nantinya mahasiswa dapat melaksanakan tugasnya secara efektif, maka setiap mahasiswa perlu dibekali dengan seperangkat ilmu maupun teori keguruan, disamping ilmu-ilmu penunjang lainnya.

Sejalan dengan laju perkembangan yang terjadi, profesionalisme menjadi tuntutan yang semakin tidak terelakan bagi seorang pendidik dalam mengemban tugasnya. Melihat fenomena yang demikian membawa IAIN Purwokerto untuk senantiasa berupaya melahirkan lulusannya menjadi insan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugasnya, mampu membaca wacana kehidupan serta memiliki kepekaan dan dapat mencari solusi terhadap problem yang potensial muncul di lembaga pendidikan.

      Untuk keperluan tersebut, maka setiap mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai latihan dan pengalaman guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya, baik secara teoritik maupun praktik. Salah satu bentuk tempaan tersebut adalah dibekalinya mereka dengan keterampilan dalam bentuk paket yang bernama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Saat mengajar seorang mahasiswa harus menguasai beberapa ketrampilanKeterampilan-ketetampilan mengajar yang harus dikuasai oleh guru dalam mengajar antara lain:

1.     Keterampilan membuka dan menutup pelajaran

Keterampilan ini dilakukan untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar mental maupun perhatiannya terpusat pada apa yang akan dipelajarinya, sehingga usaha tersebut akan memberi efek yang positif terhadap kegiatan belajar. Komponen dalam keterampilan membuka meliputi; menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan, dan membuat kaitan. Kemudian dalam menutup pelajaran komponen yang harus diperhatikan yaitu; meninjau kembali dan mengevaluasi.

2.     Keterampilan menjelaskan

            Keterampilan menjelaskan dalam pelajaran disini penyajian informasi secara lisan yang diorganisasi secara sistematis untuk menunjukan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya, misalnya antara sebab dan akibat, definisi dengan contoh atau dengan sesuatu yang belum diketahui. Komponen dalam keterampilan menjelaskan antara lain; kejelasan. Penggunaan contoh/ilustrasi, penekanan, pengorganisasian, dan balikan.

3.     Keterampilan mengadakan variasi

            Keterampilan ini dilakukan agar siswa tidak merasa bosan sehingga dalam proses belajar senantiasa menunjukan ketekunan, keantusiasan serta berperan secara aktif. Komponen dalam keterampilan ini antara lain; variasi dalam gaya mengajar guru, variasi penggunaan alat media dan alat bantu, variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.

4.     Keterampilan memberi penguatan

Keterampilan ini bertujuan memberikan umpan balik bagi siswa atas perbuatannya sebagai tindakan motivasi atau koreksi. Penguatan mempunyai pengaruh yang bersifat positif terhadap proses belajar mengajar, meningkatkan perhatian siwa terhadap pelajaran, merangsang/meningkatkan motivasi. Komponen keterampilan memberi penguatan antara lain; penguatan verbal, penguatan dengan mimik atau gerakan, penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan, penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan, penguatan dengan simbol atau benda.

 

5.     Ketetrampilan mengelola kelas

Keterampilan mengelola kelas disini untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan belajar siswa menjadi optimal. Keterampilan ini harus dikuasai dulu karena hanya dengan mengelola kelas yang baik akan tercipta suatu kondisi yang memungkinkan siswa belajar dengan baik. Komponen dalam keterampilan mengelola kelas yaitu; bersikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk yang jelas, memberi penguatan, menuntut tanggung jawab siswa.

6.     Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil

Keterampilan ini dilakukan agar dapat berkoordinasi antara satu kelompok diskusi. Komponen keterampilan membimbing diskusi antara lain; memusatkan perhatian, memperjelas permasalahan, menganalisa pendapat siswa, meningkatkan partisipasi siswa, menyebarkan kesempatan berpartisipasi siswa, menyebarkan kesempatan berpartisipasi, menutup diskusi.

7.     Ketrampilan mengajar perorangan.

Ketrampilan mengajar perorangan adalah ketrampilan guru dalam mengajar terhadap siswa satu demi satu. Pengajaran perorangan ini berangkat dari kebutuhan untuk melayani dan melaksanakan asas individualitas. Hal ini mengingat pada dasarnya dalam suatu kelas tidaka ada siswa yang sama, sementara dalam pengajaran klasikal seorang guru memandang siswa secara rata-rata.

8.     Keterampilan bertanya

Keterampilan ini dilakukan untuk menerima respon dari siswa. Komponen keterampilan bertanya antara lain; penggunaan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberian acuan jawaban, pemindahan giliran, penyebaran, pemberian waktu berpikir, pemberian tuntunan, pemberian penguatan pada jawaban yang benar.

 

 

B.    Pengertian

Program PPL diartikan sebagai suatu kegiatan dalam bentuk latihan mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa secara terbimbing, dalam waktu tertentu untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam pengajaran dan administrasi persekolahan.

 

C.    Tujuan

1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman secara nyata tentang proses pengajaran, manajemen serta pengelolaan administrasi persekolahan.

2.  Membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai dan menerapkan teori maupun praktek keguruan.

3.     Membimbing mahasiswa ke arah terbentuknya pribadi yang memiliki nilai dan sikap keguruan.

4.     Melatih mahasiswa untuk memiliki kepekaan dan ketajaman terhadap masalah pendidikan.

 

D.    Status

Praktik Pengalaman Lapangan pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan merupakan program yang menjadi bagian integral kurikulum, bersifat intra kurikuler, yang wajib ditempuh setiap mahasiswa dalam rangka penyelesaian program pendidikan.

 

E.    Dasar Pelaksanaan

1.     Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.     Peraturan Pemerintah RI No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

3.     Keputusan Presiden RI No. 139 tahun 2014 tentang Alih Status STAIN Purwokerto menjadi IAIN Purwokerto.

4.     Keputusan Menteri Agama RI No. 347 tahun 1997 tentang Statuta STAIN.

5.     Keputusan Binbaga Islam No. E/136/1997 tentang Kurikulum.

6.  Keputusan Menteri Agama RI No. 383 tahun 1997 tentang Kurikulum Nasional Program S.1 IAIN yang disempurnakan dan STAIN.

7.     Keputusan Ketua STAIN Purwokerto No. A.57 tahun 1998 tentang Kurikulum Program S.1 STAIN Purwokerto.

8.  Keputusan Dirjen Bibbaga No: Dj.II/114/2005 tentang penetapan Standar Minimal Kompetensi Dasar dan Kompetensi Utama lulusan Program S.1 PTAI.

 

F.    Bentuk Kegiatan

      Bentuk kegiatan PPL terdidri atas praktik mengajar dan praktik administrasi persekolahan.

1.     PPL I (sem. gasal) dilaksanakan di kampus dalam bentuk latihan mengajar keterampilan dasar terbatas (Micro Teaching) dan latihan mengajar terintegrasi.

2.     PPL II (sem. genap) dilaksanakan di sekolah latihan dalam bentuk latihan mengajar terintegrasi di dalam kelas dan praktik administrasi persekolahan.

 

 

BAB II

PELAKSANAAN LATIHAN

 

A.    Latihan I

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 dilaksanakan di ruang Laboratorium (R. Micro 2) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada hari Rabu, 17 Oktober 2018. Pada tahap ini peserta diberikan kesempatan untuk mengobservasi peserta lain pada aspek keterampilan mengajar yang telah ditentukan. Peserta PPL 1 juga diberikan kesempatan untuk maju mempraktikkan cara mengajar sesuai RPP yang telah dibuat. Peserta diberikan kesempatan maju selama 10 menit. Dengan rincian sebagai berikut:

Keterampilan        : Observasi

Materi                   : Akidah Islam

Kelas/Semester     : VII/2

Masukan-masukan: - Scene setting belum ditulis di dalam RPP

-     Jenis metode pembelajaran yang digunakan tidak perlu disampaikan kepada peserta didik

-     Dalam membuka pelajaran sudah baik dan bersemangat sehingga bias menumbuhkan semangat belajar peserta didik

-     Dalam menyampaikan cerita yang berkaitan dengan materi sudah baik merujuk pada materi yang disampaikan yaitu tentang Akidah Islam

-     Dalam menutup pelajaran terdapat kegiatan menyimpulkan yang dilakukan dengan baik

-     Evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa paham materi yang telah dipelajari

 

B.    Latihan II

Latihan ke 2 ini dilaksanakan di ruang Laboratorium (R. Micro 2) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada hari Selasa, 30 Oktober 2018. Pada tahap ini peserta diberi kesempatan untuk maju mempraktikkan cara mengajar sesuai RPP yang telah dibuat dengan di rekam oleh pihak laboratorium. Peserta diberikan kesempatan maju selama 10 menit. Pada tahap ini peserta tidak lagi menilai temannya. Penilaian dilakukan oleh DPL dengan melihat RPP dan rekaman yang sudah dibuat. Dengan rincian sebagai berikut:

Keterampilan        : Rekaman

Materi                   : Kugapai Rezeki-Mu dengan Ikhtiar

Kelas/Semester     : VIII/1

Masukan-masukan: - Pendekatan yang digunakan belum ditulis dalam RPP

 

C.    Latihan III

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)  Integrasi merupakan tahap latihan terakhir dalam PPL 1. Peserta diberikan kesempatan selama 15 menit dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kemudian siswa dituntut untuk mempraktikan semua keterampilan dalam mengajar. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta dalam kegiatan belajar mengajar. PPL Integrasi ini dilaksanakan pada hari Selasa, 27 November 2018. Dengan rincian sebagai berikut:

Keterampilan        : Integrasi

Materi                   : Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

Kelas/Semester     : X/1

Masukan-masukan: -  Strategi yang digunakan dalam penerapannya belum sesuai, masih terlalu simpel

                                - Ada berapa langkah dalam RPP yang belum terlaksana

                                                                                                                                    


BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

        Dari keseluruhan kegiatan PPL 1 yang dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yakni dari pendaftaran dan pembekalan, praktik menggunakan observasi, rekaman dan integrasi dapat  disimpulkan sebagai berikut :

1.   PPL 1 lebih diorientasikan kepada kesiapan peserta dalam melaksanakan tugas di sekolah melalui latihan dan pemantapan berbagai keterampilan dasar mengajar.

2.   PPL 1 dilakukan 3 kali di ruang laboratorium. Latihan pertama menggunakan lembar observasi, kedua dengan proses perekaman dan yang ketiga pengajaran integrasi.

3. Dalam PPL 1 terdapat 8 keterampilan dasar yang harus diimiliki mahasiswa dalam mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, mengadakan variasi, memberi penguat, mengelola kelas, membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan bertanya.




 



 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Menghitung Zakat Fitrah

Contoh Teks MC Pelantikan Pengurus

Materi PAI Kelas 6 Bab 4 Ayo Membayar Zakat ppt