Teks Pidato Tentang Menuntut Ilmu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du.

Dewan juri, para hadirin serta teman-teman yang berbahagia

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat serta hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul bersama ditempat yang insyaallah dirahmati oleh Allah Swt.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Saw. Yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Pada kesempatan hari ini izinkan saya berbagi ilmu tentang kewajiban dan keutamaan menuntut ilmu.

Mencari ilmu hukumnya adalah wajib bagi umat Islam baik laki-laki maupun perempuan. Sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad Saw.

“Mencari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan.”

Kenapa Rasulullah saw. mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu? Karena ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung, bintang, bulan, langit, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun.

Dengan ilmu pula kita bisa memimpin dunia, memimpin seluruh makhluk hidup. Dan dengan ilmu kita bisa menjadi makhluk yang terbaik diantara makhluk Allah Swt. Tetapi jika tidak berilmu, kita akan menjadi orang yang sesat, menjadi jahat dan bahkan melarat sampai ke liang lahat, na’udzubillahimindzalik.

Rasulullah Saw. juga bersabda

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

"Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu," (HR Ahmad).

Luarbiasa kan! Betapa mulia dan utamanya orang menuntut ilmu. Nah sekarang saya mau bertanya kepada semuanya. “Siapa yang kepengin jadi orang sukses, kaya raya dan masuk surga? Pasti kepengin kan?”

Maka caranya cuma satu, mari bersama-sama bersemangat mencari ilmu disekolah maupun di rumah karena Allah akan meninggikan derajat orang yang menuntut ilmu. Sebagaiman firman Allah dalam surat al-Mujadalah ayat 11

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat

Ilmu sangat penting bagi seseorang dalam segala hal. Ilmu laksana pelita, cahaya dalam kegelapan. Dalam melakukan sesuatu supaya mendapatkan hasil yang baik diperlukan ilmu. Contoh Petani tidak akan menjadi petani tidak akan sukses tanpa memiliki ilmu dan cara bercocok tanam. Untuk itu kita harus mencetak pola pikir kita agar menjadi seseorang yang berpengetahuan luas yang siap menghadapi tantangan zaman, arus globalisasi, serta perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sebagai penerus bangsa kita harus memiliki pengetahuan luas, memiliki cita-cita untuk masa depan kita dan semangat juang tinggi demi masa depan bangsa karena masa depan bangsa ada ditangan kita.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wabilahittaufik walhidayah Wa ridho wal inayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Menghitung Zakat Fitrah

Contoh Teks MC Pelantikan Pengurus

Materi PAI Kelas 6 Bab 4 Ayo Membayar Zakat ppt