Contoh Pidato untuk Lomba Pildacil

 Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahilladzi hada nalihada wama kunna linah tadiya laula an hadanalloh. Asyhadu alla ilaaha illalloh. Wa asyhadu anna muhammadarrosululloh. Amma ba’du.

Kepada dewan juri dan teman-teman yang saya cintai

Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita sekalian berupa nikmat sempat, nikmat sehat dan nikmat iman sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul dalam acara lomba dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sholawat dan salam kami tujukan kepanda junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang senantiasa kita nantikan syafa’atnya di hari kiamat kelak.

Dewan juri serta teman-temanku sekalian mari kita bersholawat sebagai bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad karena disetiap sholawat terdapat 10 kebaikan. 

Sholatulloh salamulloh ngalatoha rosulillah

Sholatulloh salamulloh ngala yasin habibillah

Ayo konco sing rajin ngaji

Ojo hp wae sing dipandengi

Opo maneh kluyuran mbengi

Mbok disangka memedi

Bulan Robiul Awwal biasa disebut bulan Maulud karena bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Robiul Awwal Tahun Gajah. Saat kecil Nabi Muhammad diasuh dan disusui oleh Halimah Sa’diyah karena sudah menjadi kebiasaan bangsa Arab menitipkan anaknya ke orang pedalaman yang udaranya lebih bersih dan sejuk. Nabi Muhammad sudah menjadi seorang yatim piatu sejak kecil karena beliau sudah ditinggalkan ayahnya ketika masih dalam kandungan. Dan ibunya juga meninggal ketika berusia 6 tahun. Setelah ibunya meninggal Nabi Muhammad diasuh oleh kakeknya, Abdul Mutholib tapi beberapa tahun kemudian kakeknya juga meninggal sehingga beliau diasuh oleh pamannya, Abu Tholib.

Meskipun yatim piatu, Nabi Muhammad tidak pernah menyusahkan orang disekitarnya. Ketika masih kecil Nabi Muhammad sudah bekerja menggembala kambing milik warga Mekkah. Meskipun upahnya tidak seberapa beliau tetap senang dan tidak pernah merasa malu. Saat remaja Nabi Muhammad ikut pamannya berdagang. Ketika berdagang Nabi Muhammad selalu jujur tentang barang yang dijualnya. Beliau juga selalu menjaga barang dagangan yang dititipkan kepadanya dengan baik sehingga beliau mendapat gelar Al-Amin. Ketika dewasa Nabi Muhammad juga selalu bersikap baik. Beliau merupakan seorang yang penyayang, pekerja keras, sabar dan pantang menyerah. Sikap-sikap beliau dapat kita jadikan teladan dalam kehidupun sehari-sehari. Allah SWT. Berfirman dalam Surat Al-Ahzab ayat 21:

Laqod kaana lakum fii rosuulillaahi uswatun hasanah. Limangkaana yarjulloha wal yaumal akhiro wa dzakarolloohu katsiiroo.

Yang artinya: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”

Dewan juri dan teman-teman sekalian dari kisah nabi Muhammad yang tadi saya sampaikan ada beberapa sifat nabi Muhammad yang dapat kita contoh diantaranya:

Mandiri, selalu berusaha mengerjakan sesuatu sendiri.

Jujur, selalu mengatakan yang sebenarnya.

Amanah 

Percaya diri dalam melakukan kebaikan

Sayang terhadap sesama

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semua menjadi seseorang yang berakhlak mulia dan termasuk golongan yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad kelak. Aamiin.. Apabila terdapat kata-kata yang kurang baik saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam. Wabilahitaufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Menghitung Zakat Fitrah

Contoh Teks MC Pelantikan Pengurus

Materi PAI Kelas 6 Bab 4 Ayo Membayar Zakat ppt